Les Mengaji Semarang - Guru ke Rumah & Online

les mengaji semarang

Nama Program

Les Mengaji

Materi

Ilmu Tajwid, Tahfidz, Ilmu Aqidah, Ilmu Tauhid, Ilmu Akhlak, Ilmu Fiqih,Ilmu Tafsir, Ilmu Hadist, Ilmu Sirah, Ilmu Faraid, Dll

Konsep

Privat, Semi Privat (maximal 6 Peserta), atau Online

Tempat

Lokasi Peserta, By Request, atau Online

Jadwal

Fleksibel by Request

Belajar Al-Qur'an & Hafalan dengan Tutor Kompeten dan Metode yang Beragam, Terbaik di Semarang.

Ilmu agama merupakan ilmu yang paling dasar dan harus dikuasai oleh semua penganut agama. Penguasaan terhadap kitab suci agama merupakan hal penting untuk memahami dan mengimani agama yang dianut. Khususnya bagi penganut Agama Islam, dimana mengimani dan memahami Al-Qur’an merupakan hal wajib dan mendasar sebagai tuntunan hidup. Karenanya Edusora Semarang menyediakan program Les Mengaji Semarang.

Program ini dirancang untuk membimbing Anda dalam membaca Al-Qur’an dan membantu memberi ilmu Agama Islam. Program les mengaji ini disediakan untuk masyarakat umum, tanpa mengenal usia, dapat diikuti mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain itu program ini terbuka untuk semua kalangan secara umum, sehingga dapat diikuti oleh segala macam kalangan yang memang membutuhkan bimbingan dalam membaca Al-Qur’an.

Program Les Mangaji dapat dimulai dari tingkatan yang paling dasar, dimana Anda akan dikenalkan kepada huruf-huruf hijaiyah, hingga membimbing Anda untuk memperlancar dan membuat bacaan menjadi semakin indah dalam membaca Al-Qur’an. Tentu program ini tidak terbatas hanya dalam mempelajari ilmu tajwid atau kaidah membaca Al-Qur’an dengan tepat, namun program ini juga memberikan materi pengayaan terhadap ilmu-ilmu agama Islam yang dapat Anda pilih, seperti hafalan Al-Qur’an atau Tahfidz, ilmu aqidah untuk menebalkan keyakinan Anda dalam beragama Islam, Ilmu Tauhid tentang ke Esaan Allah, Ilmu Akhlak, ilmu fiqih, tafsir, hadits, sirah atau sejarah Islam, ilmu faraid dan yang lainnya yang tentu bertujuan untuk memperluas wawasan keislaman Anda.

Bukan hanya berfokus untuk menyediakan materi yang kaya dan beragam, Edusora juga memperhatikan kompetensi tutor pendamping Anda, sehingga Anda tidak perlu ragu. Anda akan didampingi tutor yang handal dan kompeten. Bukan hanya itu kami juga memastikan Anda belajar menggunakan metode yang tepat dan tentu sesuai dengan gaya belajar Anda.

Beberapa metode yang dapat digunakan yaitu metode Qiro’ati, metode Iqro, Tilawati, Ummi, dan An-Nahdliyyah. Selain itu kami juga mempersiapkan metode khusus bagi Anda untuk menguasai materi Tahfidz atau hafalan Al-Qur’an. Dengan penerapan Personalized Learning Anda dapat menentukan apa saja yang ingin dan tidak ingin anda pelajari, sehingga pembelajaran lebih efektif. Masih banyak manfaat yang Anda dapatkan bila mempercayakan pembelajaran Al-Qur’an Anda kepada Edusora, salah satunya Anda dapat secara fleksibel mengatur waktu dan lokasi pembelajaran Anda sehingga pembelajaran menjadi kian efektif dan efisien.

Deskripsi Program Les Mengaji Semarang

Materi Les Mengaji

Edusora mempersiapkan materi yang komprehensif dan lengkap untuk membantu anda memaksimalkan pengetahuan tentang Islam dan Al-Qur’an. Untuk memudahkan Anda memilih materi yang ingin dipelajari Edusora mengelompokkan program pembelajaran Al-Qur’an menjadi 3 tingkatan yang didasarkan pada seberapa sulit materi tersebut. Ketiga tingkatan itu adalah sebagai berikut:

Tingkat Dasar

Pada tingkat ini akan berfokus pada materi pengenalan huruf hijaiyah baik membaca dan menulis. Pada umumnya metode yang digunakan dalam pengenalan huruf hijaiyah adalah metode Iqro yang terdiri dari jilid 1 sampai 6, namun Anda dapat memilih untuk menggunakan metode lain yang dianggap lebih efektif bagi Anda. pemilihan metode ini tentu akan disesuaikan dengan ketersediaan tutor yang dapat membimbing dengan metode yang Anda inginkan. Beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an diantaranya:

  • Metode Harfiyah, adalah metode mengenalkan huruf hijaiyah satu per satu, atau kata per kata.
  • Metode Shautiyah, metode ini mengajarkan huruf hidup pada huruf hijaiyah, setiap huruf memiliki 3 harakat, dan terdapat 28 suara dalam masing-masing huruf berharakat.
  • Metode Maqhtaiyyah, dalam metode ini yang terlebih dulu dipelajari adalah suku kata, kemudian belajar susunan kata dari suku kata tersebut.
  • Metode Kalimat, metode ini langsung mengajarkan kata-kata bukan huruf.
  • Metode Jumlah, dalam metode ini yang diajarkan dahulu adalah kalimat pendek dan sederhana.Metode Jam’iyyah, metode ini merupakan gabungan metode-metode sebelumnya.
  • Metode Jibril, yaitu dengan cara guru membaca suatu ayat, lalu ditirukan oleh yang menggaji, guru membaca satu dua kali dan ditirukan lagi, dst.
  • Metode Al-Baghdadi, metode yang paling banyak digunakan di Indonesia, guru akan mengajarkan huruf per huruf, setelah menguasai dilanjutkan dengan mempelajari Al-Qur’an.
  • Metode Iqro’, metode ini menekankan langsung pada latihan membaca secara berurutan.
  • Metode An-nahdliyah, metode ini merupakan metode pengembangan yang tidak jauh berbeda dari metode qiro’ati dan iqro.
  • Metode Al-Barqy, metode ini dikenal dengan metode struktur analitik sintetik (SAS).
  • Metode Qiro’ati, adalah metode yang langsung menerapkan bacaan tartil sesuai ilmu tajwid.
  • Metode UMMI, menitik beratkan pada segi konten, konteks dan support system.
  • Metode Tartila, merupakan metode privat yang dikelola dengan intensif, dan dikembangkan dengan monitoring dan evaluasi yang ketat untuk mencapai target yang maksimal.

Tingkat Menengah

Tingkat ini diperuntukkan bagi anda yang telah mampu membaca Al-Qur’an dan ingin menjadi lebih fasih. Fokus materi pada tingkat ini adalah Tahsin Qur’an, yaitu untuk memperlancar dan membetulkan makhorijul huruf atau pelafalan dan tajwid atau hukum bacaan. Pada tingkat ini juga Anda akan ditawarkan untuk memperoleh bimbingan tahfidz Qur’an juz 29 sampai 30.

Tingkat Lanjutan

Tingkatan terakhir dalam program ini tentu dikhususkan bagi anda yang sudah fasih membaca Al-Qur’an dan ingin memperindah bacaan dengan tartil/murottal maupun tilawah. Pada tahap ini juga Anda ditawarkan untuk mendapat bimbingan tahfidz Qur’an juz 1 sampai dengan 28.

Teknik membaca Al-Qur’an yang umum diketahui terbagi menjadi dua, yaitu Murottal dan Mujawwad. Teknik Murottal adalah teknik yang paling umum digunakan umat muslim di dunia, teknik ini ditandai dengan cara baca yang santai dan menggunakan teknik pernafasan sewajarnya, tidak terikat aturan tertentu dan dapat pula tanpa irama. Teknik ini menekankan pada tajwid yang baik sedang irama hanya berupa pelengkap bacaan saja.

Sedang Teknik Mujawwad adalah teknik yang digunakan dalam perlombaan dan acara-acara tertentu, teknik ini membutuhkan pernafasan tingkat tinggi dan nagham atau irama tertentu, tempo yang digunakan juga cenderung lebih lambat. Irama dalam Mujawwad akan disempurnakan sehingga bacaan dapat dinikmati dengan khidmat. Tipikal nagham yang digunakan Qira’ah Mujawwad yang umum digunakan dan dipelajari adalah bayati, hijaz, nahawand, rost, jiharkah, dan sikkah.
Untuk dapat menentukan tingkatan mana yang harus Anda ambil, Anda cukup menyesuaikan dengan kebutuhan materi yang ingin Anda pelajari dan target Anda dalam mempelajari Al-Qur’an.

Peserta Les Mengaji

  • Edusora mempersiapkan program Les Mengaji Semarang yang komprehensif khusus bagi Anda:
  • Anak usia dini, remaja hingga dewasa yang memiliki ketertarikan untuk mempelajari Al-Qur’an;
  • Ingin lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an;
    Menginginkan dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan sempurna;
    Ingin memperluas wawasan mengenai agama Islam;
  • Tertarik untuk mempelajari teknik pembacaan Al-Qur’an secara spesifik;
    Ingin menjadi Hafidz, atau penghafal Al-Qur’an.

Persiapan Sebelum Les

Untuk dapat bergabung dalam program les mengaji semarang Anda hanya perlu melakukan registrasi dan menentukan materi yang Anda inginkan dengan memilih tingkatan mana yang akan Anda ambil. Setelah menyepakati materi dan program maka kami akan segera mempersiapkan tutor yang tepat untuk kebutuhan. Untuk kelas privat, Anda dapat menentukan jadwal dan lokasi pembelajaran yang Anda inginkan.

Keunggulan Program Mengaji Edusora

Jadwal Fleksibel

Tujuan dari fleksibilitas jadwal yang dapat ditentukan sendiri oleh peserta adalah membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan keinginan dan mencapai target yang diinginkan.

Personalisasi Materi

Dengan menentukan sendiri materi yang ingin dipelajari membuat peserta lebih mudah memahami dan mengikuti pembelajaran, karena peserta tidak perlu mempelajari materi yang tidak diinginkan.

Metode Belajar Beragam

Metode yang dapat peserta pilih dalam program Al-Qur’an Edusora sangat beragam dan memiliki keunggulan masing-masing, sehingga peserta dapat memilih metode yang dirasa paling efektif.

Pembelajaran Langsung

Pembelajaran yang dilakukan secara langsung akan mempermudah Anda mengetahui kesalahan dan membetulkannya, karena Anda akan berhadapan dengan tutor dan dapat berdiskusi secara langsung.

Satu Peserta Satu Tutor

Dengan memanfaatkan les privat di mana peserta mendapatkan tutornya sendiri membuat pembelajaran lebih fokus, karena tutor hanya akan fokus pada hasil belajar Anda.

Informatif

Selain mempelajari ilmu Al-Qur’an, tutor juga akan memberikan banyak informasi berguna dalam bidang agama, sehingga anda akan memiliki pengetahuan keagamaan yang luas.

FAQ Les Mengaji Semarang

Yang perlu dipersiapkan tergantung pada tingkat mana yang diambil, jika mengambil tingkat dasar Anda perlu mempersiapkan iqro dan jika tingkat menengah dan lanjutan anda perlu menyediakan Al-Qur’an.
Tidak ada tes untuk memilih tingkatan, anda dapat memilih materi dan tingkat yang Anda ingin dan perlukan, namun tentu harus disesuaikan dengan kemampuan yang telah dimiliki, karena untuk tingkat menengah Anda diharuskan sudah mampu membaca Al-Qur’an meskipun belum fasih, dan untuk tingkat lanjutan Anda diharapkan sudah fasih dan sesuai dengan hukum bacaan Al-Qur’an.
Anda akan diminta untuk mengambil kelas dasar terlebih dahulu karena belum dapat membaca Al-Qur’an. Namun karena di tingkat dasar tidak terdapat program hafalan maka hafalan hanya terbatas pada surat-surat pendek seperti Adh-Dhuha sampai An-Nas. Ketika telah berhasil menghafal 1 juz maka diperbolehkan untuk mengambil tingkat lanjutan.
Untuk dapat menyelesaikan program tentu tergantung pada kecepatan belajar dan konsistensi belajar tiap-tiap peserta. Dengan konsep materi yang disesuaikan dengan peserta tentu waktu yang ditempuh pun akan variatif untuk tiap pesertanya.

Tutor akan mengarahkan peserta untuk belajar di masjid atau mushola terdekat dari lokasi peserta. 

Ya, tentu peserta dapat memilih gender, latar belakang pendidikan, dan pengalaman mengajar tutor. Namun dalam program ini kami akan merekomendasikan tutor dengan gender yang sama dengan peserta, terkecuali untuk anak-anak. Pemilihan tutor juga akan disesuaikan dengan materi dan metode belajar yang diinginkan oleh peserta.

Ya, tentu saja bisa. Edusora merancang program belajar ini untuk masyarakat umum, termasuk muallaf baik yang ingin masuk Islam atau yang baru saja masuk Islam, karena ajaran Al-Qur’an mencakup banyak hal yang sangat luas dan tentu dapat dipelajari oleh banyak orang.
Ya, lembaga akan memberi sertifikat apresiasi bagi peserta yang telah menyelesaikan program, karena sertifikat ini merupakan sertifikat apresiasi maka didalamnya tidak terdapat skor atau keahlian yang dikuasi oleh peserta seperti pada sertifikat kompetensi.

Gabung di Les Mengaji Edusora Sekarang!

Yuk daftar di les Mengaji Semarang Edusora sekarang.